Selasa, 12 April 2011

MASALAH ADALAH MOTIVASI DALAM HIDUP


MASALAH ADALAH MOTIVASI DALAM HIDUP

Oleh: Abdul Aziz Al-Ghagffar*

Dalam hidup ini kita tidak pernah lepas dari yang namanya masalah, yang selalu mengintai kita untuk drop, memaksa kita agar tidak sukses, dan menjadikan kita merasa punya musuh yang tidak akan pernah hilang selalu muncul setiap saat. Masalah biasanya jadi penahan bagi setiap individu, karena masalah merupakan hal yang lazim dan pasti ada pada setiap orang. Masalah adalah penghalang bagi setiap orang yangi ingin mencapai tujuan tertentu. Tetapi masalah disini bisa di jadikan sebagai moitivasi bagi setiap orang, jika orang tersebut bisa memposisikannya, dan menjadikan masalah tersebut sebuah tantangan untuk menggapai tujuan hidup. Mak masalah tersebut akan memudahkan jalan hidup kita.
Ada sebuah istilah yang mengatakan “apa arti hidup tanpa masalah”. Dari istilah tersebut kita bisa mengatahui bahwa hidup tidak lengkap tanpa masalah, hidup kurang bermakna tanpa masalah, dan hidup tidak seimbang bila tanpa masalah. Memang masalah merupakan musuh besar bagi kita, tapi masalah itu bisa di jadikan sahabat yang selalu memberikan semangat jika kita mau. Maka dari itu anggaplah masalah yang anda miliki sebagai sahabat atau guru yang akan menguji anda untuk mencapai target yang besar dalam hidup anda, atau jika memang harus di anggap sebagai musuh, anggaplah sebagai musuh sejati yang menjadi saingan berat bagi anda, sehingga anda termotivasi bahwa anda lebih baik dari masalah yang akan menghancurkan anda. Banyak macam masalah yang meliputi hidup kita, masalah datang dari berbagai aspek, maka jadikanlah masalah anda sebagai mutivasi terbesar dalam hidup anda.
Motivasi, yang namanya motivasi pasti bertujuan untuk memudahkan jalan agar kita mudah menggapai apa yang kita inginkan, tetapi yang menjadi masalah dalam aspek motivasi yaitu kurangnya keyakinan kita untuk memahami dari silsilah motivasi tersebut, bahkan kita merasa kesulitan untuk mendapatkan motivasi tersebut. Sebenarnya motivasi itu merupakan thoriqoh yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan, dan motivasi bisa dengan mudah kita dapatkan dari membaca segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, seperti kejadian-kejadian yang menimpa kita atau orang di sekitar kita, atau bila perlu kita langsung mencari pendapat orang lain.
Hidup memang kerap dengan berbagai cobaan, baik cobaan yang muncul dari dalam diri kita atau dari luar. Contoh yang dari dalam seperti, emosi yang tidak tertahankan, penyakit hati, kurang setabilnya organ di dalam fisik, dan sebagainya. Sedang contoh yang dari luar seperi cobaan yang muncul dari alam, dari segi fisik, ataupun dari orang disekitar kita. Semua itu merupakan hal yang berpengaruh terhadap kesuksesan hidup kita, jika itu muncul maka secara otomatis emosi kita akan bentrok dengan berbagai cobaan tersebut, sehingga memecahkan konsentrasi kita, Semua itu adalah masalah yang pasti mucul dalam hidup semua orang, dan akan menjadi penghalang jalan kita. Maka dari itu jadikanlah semua masalah sebagai motivasi dalam hidup, jadikanlah motivasi sebagai guru yang senantiasa mengawasi dan memperbaiki cara kita dalam mengejar tujuan hidup.
Semua kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan bisa di jadikan jalan menuju sesuatu yang kita inginkan, termasuk masalah yang merupakan musuh bagi kita, musuh yang tidak pernah mau pergi dari kehidupan kita, semua itu adalah penghalang yang memaksa kita untuk selalu hati-hati dalam menjalani semua peroses hidup. Dalam perjalanan hidup pasti ada permasalhan tetapi pasti pula ada pemecah masalah, sama dengan pelajaran matematika selalu mencari perablem tetapi disetiap perablem tersebut tedapat solving.

*santri al-amien prenduan kelas akhir ilmu sosial dan ingris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar